Rabu, 22 Juni 2016

Kenapa Darah Menstruasi Keluar Cuma Sedikit

Waktu dan volume darah yang keluar saat menstruasi mungkin akan berbeda untuk masing-masing wanita.


Ada wanita dengan volume darah menstruasi mengucur deras ada juga cuma sedikit tidak banyak. Kondisi seperti ini dalam kedokteran di kenal dengan istilah hypomenorrhea.


Kenapa Darah Menstruasi Keluar Cuma Sedikit


Dalam kondisi normal darah yang keluar persiklus adalah 30ml sampai 80ml.


Terkadang hypomenorrhea dapat mengakibatkan infertilitas karena tidak ada lapisan rahim cukup setiap bulan untuk mempertahankan kehamilan.



Penyebab Hypomenorrhea


Walaupun tidak tergolong penyakit serius tetapi wajib anda ketahui penyebab-penyebabnya agar terhindar dari komplikasi. Berikut penyebab darah menstruasi keluar sedikit:



Faktor Turunan


Dalam beberapa kasus, hypomenorrhea dapat terjadi karena turunan dari ibu atau nenek. Jika gangguan ini karena alasan konstitusional, biasanya tidak mempengaruhi kesuburan wanita.


Ketidakseimbangan Hormon


Siklus menstruasi sangat tergantung pada dua jenis hormon penting bagi perempuan yaitu estrogen dan progesteron.


Ketidakseimbangan dalam produksi hormon ini menimbulkan gangguan menstruasi. Estrogen bertanggung jawab untuk menciptakan lapisan dalam rahim dan rendahnya tingkat hormon ini menyebabkan sangat tipis lapisan rahim yang mengarah ke hypomenorrhea.


Demikian juga kelebihan pelepasan hormon pria yang disebut testosteron juga berkontribusi terhadap hypomenorrhea.


Penggunaan Alat Kontrasepsi


Penggunaan jangka panjang dari pil atau IUD sering menyebabkan atrofi endometrium menyebabkan perdarahan minim selama periode.


Hipotiroidisme, salah satu penyebab ketidakseimbangan hormon, terjadi ketika kelenjar pituitari tidak berfungsi secara maksimal dan gagal rahasia hormon TSH yang diperlukan. Paling sering hipotiroidisme menyebabkan anovulasi mengakibatkan hypomenorrhea.



Masalah Rahim


Ketebalan lapisan rahim atau endometrium menentukan jumlah aliran darah. Jika muncul bekas luka akibat pembedahan atau penyakit dapat menyebabkan kerusakan pada jaringan endometrium dan juga mengurangi rongga dinding rahim yang mengarah ke sedikitnya volume darah menstruasi.


Baca juga : obat penyubur kandungan herbal de Nature



Gangguan Psikologis


Hypomenorrhea juga dapat dikaitkan dengan gangguan emosi dan stres yang ekstrim. Kondisi mental seperti emosi dan stress dalam waktu lama mengganggu pola aliran darah.


Menopause


Wanita mendekati menopause dan mengalami debit minim perimenopause selama beberapa bulan sebelum total penghentian siklus menstruasi. Ini adalah proses alami yang terkait dengan menopause dan tidak memerlukan perhatian medis.


Sindrom Ovarium Polikistik (PCOS)


PCOS adalah kondisi di mana tumor kecil dalam jumlah banyak menyerang ovarium.


Asherman’s Syndrome


Asherman’s Syndrome adalah peradangan pada bagian dalam dinding rahim dan berdampak pada jumlah darah yang keluar pada saat haid.



Cara Mengatasi Darah Menstruasi Keluar Sedikit


Untuk menormalkan volume darah yang keluar saat menstruasi bisa menggunakan obat herbal de Nature yaitu kapsul Pipeca dan kapsul Cumarhiz. 2 ramuan herbal terbaik untuk pelancar menstruasi dengan efektif dan aman tanpa efek samping.

Bagikan

Jangan lewatkan

Kenapa Darah Menstruasi Keluar Cuma Sedikit
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.