Senin, 14 September 2015

Penyakit Wasir / Ambeien / Hemorroid

Penyakit Wasir / Ambeien / Hemorroid


Penyakit Wasir / Ambeien / Hemorroid adalah pembengkakan pembuluh darah dan peradangan di sekitar anus atau di rektum . Rektum adalah bagian terakhir dari usus besar yang mengarah ke anus.


wasir ambeien hemoroid



Penyebab Wasir / Ambeien / Hemorroid



  1. Beberapa faktor dapat menyebabkan pembengkakan pembengkakan pada dubur alias ambeien

  2. Sembelit kronis atau diare

  3. Mengejan saat buang air besar

  4. Kurang makanan berserat

  5. Terlalu lama duduk

  6. Kurang olahraga

  7. Faktor usia

  8. Kehamilan


Penyakit Wasir / Ambeien / Hemorroid di bagi menjadi 2 macam yaitu


1. Internal


Pembengkakan terjadi dalam rektum sehingga tidak bisa dilihat atau diraba. Pembengkakan jenis ini tidak menimbulkan rasa sakit karena hanya ada sedikit syaraf di daerah rektum. Tanda yang dapat diketahui adalah pendarahan saat buang air besar. Masalahnya jadi tidak sederhana lagi, bila ambeien internal ini membesar dan keluar ke bibir anus yang menyebabkan kesakitan. Ambeien yang terlihat berwarna pink ini setelah sembuh dapat masuk sendiri, tetapi bisa juga didorong masuk.


2.  Eksternal


Menyerang anus sehingga menimbulkan rasa sakit, perih, dan gatal. Jika terdorong keluar oleh feses, ambeien ini dapat mengakibatkan penggumpalan (trombosis), yang menjadikan ambeien berwarna biru-ungu.



Gejala  Wasir / Ambeien / Hemorroid


Geja Wasir Stadium 1


Jarang sekali dirasakan sehingga belum menganggu aktivitas kita. Cirinya : Pada anus terasa panas, gatal, susah buang air besar


Geja Wasir Stadium 2


Terasa sakit dan terjadi pendarahan ketika buang air besar, terkadang benjolan di anus keluar disertai pendarahan ketika buang air besar, dan ambeien/wasir sering keluar berbentuk daging kecil dan dapat masuk kembali tanpa bantuan tangan.


Geja Wasir Stadium 3


seringnya terjadi pendarahan dan keluar benjolan wasir disertai rasa sakit dan benjolan keluar dan untuk memasukkan kembali harus didorong dengan bantuan tangan.


Pada stadium III ini jika terjadi sangat menganggu aktivitas seseorang ambeien/wasir sering keluar walupun masih berbetuk kecil sebesar jari kelingking.


Geja Wasir Stadium 4


Stadium IV pada ambeien / wasir betul-betul menganggu karena akan terus keluar walaupun sudah didorong, dan bentuknya akan mulai nampak jelas bahkan cukup besar berbetuk lingkaran disekitar dubur.


Baca Juga : Obat wasir Herbal de Nature


Sumber : www.nih.gov

Bagikan

Jangan lewatkan

Penyakit Wasir / Ambeien / Hemorroid
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.